18 Mei 2018 09:46 wib

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UIN Sumatera Utara Medan melakukan benchmark atau study visit sebagai upaya menambah informasi pengetahuan akademik, penelitian, sarana dan prasarana seputar kesehatan masyarakat yang dapat digunakan dalam penetapan dalam pengembangan mutu pendidikan tinggi. Disamping itu benchmark atau study visit digunakan sebagai alat evaluasi dan memetakan posisi dan potensi kemampuan guna peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

Dipilihnya School of Public Health and Community Medicine (SPHCM) University New South Wales (UNSW) sebagai tujuan dari study visit pada tanggal 7 – 11 Mei 2018, dikarenakan UNSW adalah salah satu universitas terbaik di Australia sehingga dapat sebagai peluang untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang nantinya dapat diterapkan di FKM UINSU.

Adapun delegasi dari FKM UINSU terdiri dari Wakil Dekan I (Dr. Nefi Dharmayanti, M.Si), Wakil Dekan II (Dr. Nurhayati, M.Ag), Wakil Dekan III (Dr. Watni Marpaung, M.A), Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat (Fauziah Nasution, M.Psi), Sekretaris Prodi (Eliska, SKM, M.Kes) dan Kepala Laboratorium (Fitriani P Gurning, SKM, M.Kes), Study visit FKM UIN SU ke SPHCM UNSW yang dikoordinatori oleh Bapak Jerico Pardosi, PhD sebagai Assistant Director-Bachelor of International Public Health.

Study visit dihari pertama diawali dengan pengenalan SPHCM oleh Ketua SPHCM Prof. John Hall, kemudian diikuti dengan pengenalan program Master of Infectious Disease Intellegence, SPHCM Internship, pengenalan Master of Public Health dan diakhir hari pertama mengelilingi fasilitas sarana prasarana yang dimiliki UNSW. Hari kedua  dimulai dengan penjelasan program Master of International Public Health oleh Prof. Richard Taylor, kemudian penjelasan mengenai silabus dalam pembelajaran dan pengalaman mengajar dosen SPHCM yang disampaikan oleh Bapak Jerico Pardosi, PhD kemudian delegasi FKM UINSU mengikuti proses perkuliahan di dalam kelas. Hari ketiga melakukan saling berbagi informasi seputar sistem pembelajaran dan kurikulum antara FKM UINSU dan SPHCM UNSW dan setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan program internasional UNSW yang meliputi kerjasama penelitian dan proses kerjasama internasional antara universitas. Hari keempat penjelasan mengenai program dari Master of Health Management, setelah itu pemaparan seputar penelitian kualitatif dan diakhiri dengan mengunjungi Opera House. Dan dihari terakhir delegasi FKM UIN SU membahas tentang kolaborasi penelitian dan juga dosen tamu, kemudian penjelasan mengenai Program sarjana internasional Public Health UNSW dan diakhiri dengan acara penutupan yang ditutup oleh ketua SPHCM Prof. John Hall.

Dengan adanya kegiatan study visit diharapkan FKM UINSU memperoleh tambahan pengetahuan dalam kebijakan dan peningkatan mutu perguruan tinggi yang dapat digunakan sebagai acuan penerapan di FKM UIN SU dan di sisi lain adanya tindak lanjut kerjasama antara perguruan tinggi seperti research collaboration, exchange program atau bentuk kerjasama lainnya.